Home / News / Bitcoin / Blockchain Akan Merubah Dunia Finansial
Blockchain Akan Merubah Dunia Finansial

Blockchain Akan Merubah Dunia Finansial

Blockchain Akan Merubah Dunia Finansial – Larry Summers

Blockchain Akan Merubah Dunia Finansial. Larry Summers, Mantan Menteri Keuangan Amerika Serikat mengatakan pendapatnya di CNBC, bahwa teknologi Blockchain akan merubah dunia finansial. Ekonom lulusan Universitas Harvard tahun 1982 itu melandasi pernyatannya tersebut karena ia melihat teknologi Blockchain sangat memungkinkan untuk diadopsi industri keuangan.

Mantan menteri keuangan di era Bill Clinton ini berkata dalam sebuah even konsensus di Manhattan, “Saya cukup yakin… bahwa Blockchain akan merubah banyak praktek keuangan dan pertukaran mata uang. 40 tahun dari sekarang, semua cerita tentang Blockchain dan berbagai hal yang melingkupinya akan lebih menonjol dari pada Bitcoin itu sendiri.” Katanya.

Larry Summers tidak sepakat atas komentar Jamie Dimon, CEO JPMorgan yang sebelumnya mengatakan bahwa mata uang virtual akan berakhir. Karena dianggap tidak akan pernah didukung oleh pemerintah terkait tidak adanya kontrol dari pemerintah.

Menanggapi komentar Jamie Dimon tersebut, Larry Summers berpendapat berbeda. Ia menjelaskan, “Jamie adalah orang yang cerdas. Tapi Bill Gates adalah orang yang cerdas juga, dan ia mengatakan bahwa internet tidak akan pergi kemana-mana,” jelasnya.

Bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan, bahwa bank sentral akan berusaha membuat versi digital dari Fiat Money yang ada pada saat ini. Terkait hal ini, CEO Digital Currency Grup, Barry Silbert pun angkat bicara. Ia mengatakan tentang kemungkinan Federal Reserve AS dan Bank Rakyat China yang akan berusaha untuk membuat versi digital dari amta uang fiatnya. Artinya, bank sentral akan mengeluarkan sebuah token digital yang mewakili mata uang saat ini. Dengan menggunakan sistem dan teknologi, yang telah menjadi dasar teknologi Bitcoin.

Jika bank sentral mulai memanfaatkan teknologi ini, akan cukup bermanfaat. Mulai dari kecepatan penggunaan, untuk pelecakan, maupun penerbitan mata uang yang lebih mudah. Namun nantinya, “akan ada perbedaan mendasar antara koin digital versi bank sentral dan Bitcoin,” terang Silbert.

Sedangkan, kenyataannya, telah banyak yang mulai mengadopsi teknologi Blockchain ini. Mulai dari IBM, Ripple, Circle, bahkan bank sentral China juga telah mempertimbangkan penggunaan teknologi Blockchain ini.

PBC China telah mempelajari mata uang digital ini cukup lama. Zhou Xiaochuan di bulan Pebruari lalu pernah memberikan komentar saat diwawancarai oleh media Caixi Weekly China. Ia mengatakan, “Perkembangan pesat internet membawa perubahan signifikan dalam sistem pembayaran secara global. Perlu untuk membangun sistem penerbitan, maupun peredaran mata uang digital. Sehingga akan membantu membangun infrastruktur keuangan dan meningkatkan kualitas, serta efisiensi ekonomi,” terangnya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Menyimpan Komoditas Di Dalam Blockchain

Bagaimana Blockchain Mampu Sebagai Peyimpan Aset Dan Komoditas Pengantar: Sebelum kita memutuskan untuk membeli beberapa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *