Home / News / Bitcoin / Bitsquare Versi Beta Segera Di Launching
Bitsquare Exchanger Terdesentralisasi

Bitsquare Versi Beta Segera Di Launching

Bitsquare Versi Beta Segera Di Launching – Sebagai Solusi Bursa Bitcoin Terdesentralisasi 

Bitsquare Exchanger Terdesentralisasi. Bitsquare kini kian melebarkan sayapnya. Dalam waktu dekat, Bitsquare versi Beta akan di launching pada tanggal 27 April 2016 mendatang. Launching Bitsquare tersebut akan berlangsung di FabLab Barcelona.

Tentang Bitsquare ini adalah sebuah bursa Bitcoin (baca: exchanger) terdesentralisasi yang pertama kali muncul versi 0.1 pada 16 Desember 2014 yang lalu. Bitsquare menggunakan jaringan peer-to-peer di dalam sistemnya. Berusaha untuk bisa memfasilitasi secara langsung perdagangan Bitcoin dari orang per orang.

Lebih jauh Manfred menambahkan, “Bitsquare harus bisa menarik perhatian bagi orang-orang yang menganggap transaksi keuangan layaknya sebuah komentar pribadi yang harus dilindungi, tanpa ada pengawasan dari perusahaan, lembaga lain, maupun pemerintah,” tambahnya.

Teknologi yang digunakan menggunakan open source transaksi multisignature Bitcoin. Aplikasinya bisa berjalan di perangkat OS Mac, Linux, dan Windows. Digawangi oleh Manfred Karrer, sebagai pendiri dan pengembang Bitsquare. Pada press releasenya saat peluncuran perdana di tahun 2014, Manfred berkata, “Bitsquare dirancang untuk orang-orang yang ingin bisa bertukar mata uang lokalnya dengan Bitcoin secara langsung. Tanpa harus melewati pemerintah pusat saat berdagang dan bertransaksi dengan orang lain.

Di dalam situsnya, Bitsquare mempunyai sebuah filosofi tentang peran sebuah exchanger di dalam Bitcoin. Bursa Bitcoin, mempunyai peran yang penting terkait dengan ekosistem Bitcoin. Dengan bursa Bitcoin ini, menjadi memungkinkan untuk melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin menggunakan mata uang seperti Euro, Dolar, Yen, Yuan, ataupun juga mata uang lain seperti halnya Rupiah di negara kita.

Gagasan Bitcoin oleh Satoshi Nakamoto adalah untuk bisa memecahkan masalah sistem pembayaran terpusat. Dengan sebuah sistem pertukaran Bitcoin yang terpusat pada exchanger, maka akan menjadi tidak konsisten dengan gagasan Satoshi Nakamoto tersebut. Dengan bursa Bitcoin terpusat ini, telah dianggap sebagai sebuah cara utama untuk memperoleh Bitcoin.

Menurut Bitsquare, hal ini menjadi sebuah dominasi, dan ada kerentanan dalam bursa yang terpusat tersebut. Tentang hal ini, di ibaratkan seperti tumit Achilles dalam mitologi Yunani kuno. Menggambarkan Achilles saat terpanah di bagian tumit inilah yang akhirnya membuat ia terbunuh. Karena ia tidak lagi bisa bertarung dengan lincah.

Begitupun halnya dengan Bitcoin, meskipun bursa Bitcoin menjadi bagian penting dalam ekosistemnya, namun juga membawa sebuah dampak yang besar yang bisa mempengaruhi. Terkait juga dengan hal tentang dominasi, dan juga kerentanan dalam sistem terpusatnya.

Filosofi itulah yang dijadikan sebuah landasan exchanger Bitcoin terdesentralisasi ini. Membangun sebuah solusi secara peer-to-peer pada bursa Bitcoin yang belum pernah ada sebelumnya. Meski pada proses transfer mata uang lokal yang digunakan nantinya masih membutuhkan keterlibatan jalur pembayaran dari pihak Bank, namun tidak tergantung pada salah satu bank tertentu. Mereka hanya berperan terbatas pada apa yang seharusnya saja, yakni proses transfer itu saja.

bitsquare-proses
Proses Transaksi Jual dan Beli Secara Langsung di Bitsquare
Bitconnect

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *