Home / Coretan Lepas / Bitcoin Dan Mitos Excalibur 
Bitcoin Dan Mitos Excalibur

Bitcoin Dan Mitos Excalibur 

Bagaimana Relasi Bitcoin Dan Mitos Excalibur

Bitcoin Dan Mitos Excalibur. Dalam puisi karya Robert de Boron dikisahkan tentang sebuah legenda pedang Excalibur yang tertancap pada sebuah batu. Konon, hanya orang yang berhak menjadi raja saja yang bisa menarik pedang legendaris itu.

Orang lain, kecuali seseorang yang memang pantas menjadi raja, tidak akan bisa menarik pedang yang tertancap pada batu itu. Mitos ini, hampir saja kita saksikan di dalam Bitcoin. Tentang bagaimana Craig dalam pernyataannya sanggup untuk memindah sejumlah bitcoin di blok genesis. Untuk membuktikan pengakuan Craig Wright bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto.

Open ledger Bitcoin, atau yang biasa disebut dengan “Blockchain”, tersusun sedemikian rupa. Sehingga mampu mencatat keseluruhan transaksi yang terjadi dengan rapi. Di lindungi dengan sebuah sistem keamanan yang memadai. Sehingga hanya orang yang memegang kendali atas Bitcoinnya saja yang akan bisa mengontrol, dan mentransaksikan Bitcoinnya.

hash genesis blockGenesis Block adalah penciptaan blok awal yang dilakukan oleh Satoshi Nakamoto. Kala itu, tingkat kesulitan menambang Bitcoin masih cukup rendah. Pada komunitas Bitcoin Reddit, seseorang mengatakan bahwa pada saat itu, tingkat kesulitannya berkisar sekitar 32 bit. Ada persepsi bahwa Satoshi sengaja membuat hardcode untuk mengawali pertambangan tersebut dengan tingkat kesulitan yang rendah.

blok 0 - genesis blockBlok 0 diciptakan satosi pada tanggal 3 Januari 2009. Sedangkan Blok 1 pada tanggal 9 Januari 2009. Sementara, ada sebuah pesan disana, tentang pemuatan berita di The Time tanggal 3 Januari 2009. Saat itu, The Times memuat tentang rencana Kanselir untuk menerbitkan Bailout kedua. Hingga saat ini, sejumlah bitcoin hasil penambangan Genesis Blok itu masih tersimpan, tidak berpindah. Satoshi Nakamoto pun mulai berhenti di komunitas Bitcoin pada akhir tahun 2010.

Komunitas Bitcoin pun kembali marak memperbincangkan tentang sosok dibalik nama Satoshi Nakamoto. Perbincangan klasik itu menguap kembali di permukaan setelah Craig Wright secara mengejutkan mengaku dialah Satoshi Nakamoto di beberapa media secara eksklusif.

Pembuktian yang dilakukan oleh Craig saat itu pun mendapat penyangkalan dari banyak para antusisas bitcoin di berbagai komunitas. Mereka menyangsikan pembuktian itu, karena hal itu tidak cukup mendasar, hanya mengutip hal yang lama, dan semestinya harus bisa dilakukan secara terbuka.

Terkait hal itu, Craig Wright pun lantas pernah menulis di situsnya, “Klaim yang luar biasa, membutuhkan pembuktian yang luar biasa pula”. Oleh karena itu, ia pun lalu merasa sanggup untuk memberikan “pembuktian yang luar biasa” tersebut. Ia berniat untuk memindah sejumlah Bitcoin di Genesis Blok milik Satoshi Nakamoto tersebut.

Pemindahan blok itu, tentu saja akan mirip dengan mitos excalibur. Dimana hanya orang yang pantas saja yang akan mampu mengangkat pedang yang telah tertancap di sebuah batu. Sedangkan di dalam Bitcoin, sejumlah Bitcoin hasil dari Genesis Blok itupun, tentu hanya akan bisa dilakukan oleh Satoshi Nakamoto sendiri.

Beberapa waktu setelah Craig menulis tentang kesanggupannya memberikan pembuktian yang luar biasa itu, ia pun lalu menyatakan permintaan maafnya. Ia tidak sanggup untuk memberikan pembuktian tersebut.

Bitcoin dan mitos excalibur yang mirip ini pun kembali tertutup. Misteri sosok dibalik nama pseudonym Satoshi Nakamoto pun kembali menjadi misteri yang tidak terpecahkan. Sedangkan sejumlah Bitcoin di Genesis Blok itupun masih menunggu pemilik sejatinya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Profit pool mining bitcoin

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin?

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin? Profit Pool Mining Bitcoin. Sebagian besar pengguna bitcoin pasti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *