Home / News / Komunitas Bitcoin / Bitcoin Dan Karya Seni
Bitcoin Dan Karya Seni

Bitcoin Dan Karya Seni

Bitcoin Dan Karya Seni – Max Mellenbrunch Pencipta Kialara

Bitcoin Dan Karya Seni. Namanya adalah Max Mellenbruch. Seorang seniman asal Brooklyn yang menciptakan Kialara. Sebuah Bitcoin fisik dengan karya seni yang cukup luar biasa. Idenya tentang Kialara, dengan berharap bahwa penikmat karyanya nanti tidak akan pernah membuka itu. Dengan memanfaatkan public key dan private key sebagai media untuk karya ciptaannya.

Max lalu mempublikasikan karyanya itu di komunitas Bitcoin Reddit. Dan cukup banyak yang mengapresiasi keindahan hasil karyanya tersebut. Ada yang berbentuk Kialara 1BTC dengan Emas, dan juga Kialara Original 1BTC dengan Perak. Berlanjut di bulan Desember 2015 lalu. Ia memproduksi Kialara Signature Series.

Pada seri karya terbarunya itu, dia menggabungkan hasil karya dari dua pelukis, Julia Tourianski dan Ricky Allman. Karya dua pelukis itu selanjutnya ditempatkan pada cover depan Kialara. Sehingga penikmat dan pembeli juga bisa memilih variasi lukisan yang ada di covernya.

Di dalamnya, private key digenerate secara ofline. Dan ditransfer melalui SD card ke printer secara ofline menggunakan teknologi Dye-Sublimation.  Mengalirkan panas yang digunakan untuk bisa mentransfer tinta kepada kertas. Public key dan Private key akan tersimpan di dalamnya, di generete sendiri oleh pemiliknya sendiri. Bahkan pada private key itu, ada sebuah lapisan hologram tamper-proof.

Lapisan pelindung ini bisa mencegah kerusakan dari cahaya, air, maupun gas. Sehingga private key itu akan aman hingga beberapa generasi. Untuk menandai bahwa pada Kialara Signature Series masih belum kosong dan belum di isi Bitcoin, dilengkapi dengan safeguard. Jika Kialara telah di isi Bitcoin, pembeli bisa melepas safeguard ini.

Max memang sepanjang hidupnya di kelilingi oleh seni. Saat memberikan komentar di coincafe, ia mengatakan bahwa orang tuanya juga seniman di sebuah media tradisional. Sejak kecil, ia sudah membuat sketsa, lukisan maupun film claymation.

Berkaitan dengan Bitcoin, ia mengaku juga telah lama bergabung di komunitas Bitcoin Reddit. Saat menggabungkan dua seniman dalam karyanya. Ia menerapkan aturan sendiri. Yakni dengan tetap memberikan nilai pada seni tradisional. Menurutnya, seni tradisional adalah linier. Tidak ada fungsi “undo” didalamnya. Untuk menghormati seni tradisioanl itu, Max meminta kepada dua seniman lukis itu untuk tidak memasukkan logo Bitcoin di dalamnya. Lalu, menggabungkan itu untuk mengemas keabadian blockchain itu sendiri di dalam Kialara Signature Series.

Dua pelukis yang diajaknya dalam proyek Kialara awalnya belum mengenal Bitcoin. Setelah Max mengenalkan tentang Bitcoin, mereka pun memberikan apresiasi terhadap Bitcoin. Ricky Allman setelah mengetahui Bitcoin, menganggap bahwa Bitcoin adalah sebuah penemuan yang brilian. Ia menganggap Bitcoin akan bisa memecahkan banyak masalah. Yang akan membawa pada sebuah komunitas global yang baru.

Pendapat Ricky Allman atas Bitcoin ini, berdasarkan pada pendekatan dunia seni dalam hal multidisipllin. Tidak berbeda dengan teknologi, yang nantinya juga akan bisa dihargai dan dicintai. Hampir senada Allman, Tourianski menganggap Bitcoin dan dunia seni memiliki banyak kesamaan. Menurutnya, seni memiliki perasaan dan keabadian yang indah. Dan itu menggambarkan juga pada karakter Blockchain Bitcoin yang akan bertahan selamanya. Bitcoin merupakan hasil dari sebuah proses kreatifitas dan juga artistik. Bitcoin tidak harus dilihat sebagai sebuah alat teknis, tapi sebagai sebuah konsep hidup dari proses kreatif yang akan terus berlanjut dan berkembang.

 

Tertarik dengan Kialara? Anda bisa mengunjunginya di sini : Maxfield

 

 

 

Images source: Kialara

Bitconnect

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *