Home / News / Bitcoin / Bitcoin Core Versi 0.12.1 Dirilis
Bitcoin Core Versi 0.12.1

Bitcoin Core Versi 0.12.1 Dirilis

Bitcoin Core Versi 0.12.1 Dirilis – Ada Banyak Perubahan Di Versi Baru

Bitcoin Core. Telah dirilis Bitcoin Core terbaru versi 0.12.1 dan bisa diunduh di bitcoin.org. Versi baru ini meliputi perubahan dengan memasukkan soft fork BIP9, BIP68, dan softfork BIP112. Dengan memperbaiki beberapa bug di versi sebelumnya.

Seperti apa gambaran set aturan pada Bitcoin Core Versi 0.12.1 ini, mari kita simak bersama di bawah ini.

BIP9

Menegakkan penyebaran aturan baru pada soft fork di BIP9. Penyebaran ini termasuk pada set blok di versi 0x20000001 diantara pertengahan malam tanggal 1 Mei 2016 sampai pertengahan malam 1 Mei 2017 mendatang. Untuk bisa memberikan signal penyebaran soft fork tersebut.

Nomor versi blok 0x20000001 itu menunjukkan versi bit dengan setting bit 0, untuk bisa mensupport penggabungan penyebaran soft fork, termasuk pada BIP68, dan BIP 112 melalui mekanisme penyebaran di BIP9.

Informasi lebih detail tentang BIP68 bisa dilihat di github.

BIP68

Pada soft fork di BIP68, menegakkan aturan urutan locks untuk locktime secara relatif. Di BIP68 mempunyai penegakan set konsensus lock-time secara relatif dari nomor urut untuk mengaktifkan input transaksi yang telah ditandatangani. Agar tetap valid dalam jangka waktu tertentu, setelah dikonfirmasi.

Informasi lebih detail tentang BIP68 bisa dilihat di github.

BIP112

Soft Fork di BIP112 menegakkan aturan pada OP_CHECKSEQUENCEVERIFY. Dengan mengubah OP_NOP3 sebelumnya, sebagai OP_CHECKSEQUENCEVERIFY (CSV) untuk opcode baru dalam sistem scripting Bitcoin. BIP112 ini di kombinasikan dengan BIP68, untuk bisa memungkinkan adanya pembatasan jalur eksekusi script. Berdasarkan pada usia output yang akan dikeluarkan atau ditransaksikan.

Informasi lebih detail tentang BIP68 bisa dilihat di github.

Penjelasan BIP113 di versi Sebelumnya

Di versi Bitcoin Core 0.11.2, memperkenalkan adanya penegakan locktime di mempool-only. Dengan menggunakan GetMedianTimePast(). Pada versi ini, berusaha menegakkan konsensus dengan set aturan tersebut.

Transaksi bitcoin dapat menentukan locktime yang menunjukkan bahwa transaksi tersebut dapat dimasukkan ke dalam blok yang valid. Aturan konsensus itu membutuhkan blok yang mempunyai header lebih besar daripada penentuan locktime dalam setiap transaksi yang terdapat di bloknya.

Sedangkan para penambang, akan bisa mimilih waktu yang akan digunakan untuk header time. Dengan aturan konsensus di versi ini, node tidak akan menerima blok yang waktunya melebihi kisaran waktu dua jam setelahnya. Hal ini membuat insentif pada penambang untuk bisa diatur lebih lanjut pada nilai header timenya. Untuk memasukkan juga locktime transaksi yang seharusnya tidak disertakan selama dua jam tersebut.

Selain itu, aturan pada konsensus menentukan blok yang valid memiliki header time lebih besar dari median 11 di blok sebelumnya. Karena pada time di GetMedianPast() memiliki fitur key yang umumnya berelasi dengan waktu, sehingga tidak bisa berjalan ke belakang.

Semantara di Mempool-only membutuhkan transaksi yang valid untuk dimasukkan secara langsung ke dalam blok. Hal itu agar bisa diterima juga dalam MemPool tersebut. Penerapan aturan di BIP113 untuk transaksi yang telah diterima. Sehingga transaksi yang waktunya lebih besar dari GetMedianTimePast() tidak lagi dapat diterima di MemPool. Hal ini akan menyebabkan adanya implikasi, terutama bagi para penambang.

Implikasinya adalah, Penambang akan menolak transaksi yang berlaku dibawah set aturan BIP113. Sehingga ketika node memproduksi blok, maka blok tersebut akan tidak valid ketika BIP113 diberlakukan di dalam jaringan.

Bagi pengguna, juga ada implikasinya. GetMedianTimePast(), akan selalu berada jauh dibelakang dari waktu saat ini. Sehingga LOCKTIME transaksi yang berlangsung di saat ini akan ditolak oleh node yang telah menggunakan versi ini. Sampai waktu median itu bergerak maju.

Cara UPGRADE

Jika anda sebelumnya belum pernah menggunakan Bitcoin core, maka instalasinya cukup dengan mengunduh file Bitcoin Core versi baru ini, lalu kemudian install saja langsung ke komputer/laptop anda.

Sedangkan untuk yang pernah atau telah menggunakan versi sebelumnya, sebelum upgrade, pastikan untuk mematikan terlebih dahulu versi lama. Tunggu beberapa saat hingga software lama tersebut betul-betul telah berhenti berjalan. Lalu selanjutnya instalasi Bitcoin Core versi baru bisa dilakukan.

Bitconnect

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Hardfork Bitcoin

Ketika Hardfork Bitcoin Terjadi

Ketika Hardfork Bitcoin Terjadi – Hal Yang Patut Diketahui Hardfork Bitcoin. Semua pengguna Bitcoin saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *