Home / News / Bitcoin / Bitcoin Core Project Berencana Soft Fork Lagi
Bitcoin Core Project

Bitcoin Core Project Berencana Soft Fork Lagi

Bitcoin Core Project Berencana Soft Fork Menggunakan CSV Di Block 419328

Bitcoin Core Project. Tweet tentang rencana soft fork CSV bitcoin ini diunggah di twitter BItcoin Core Project 21 Juni lalu. Dan juga di publish di komunitas Bitcoin Reddit. Namun tentu saja CSV ini bukanlah Comma Separated Value, melainkan CheckSequenceVerify (CSV). Nantinya, aturan baru soft fork ini, akan mulai diterapkan pada block 419328.

Lalu apa yang dimaksud dengan soft fork CSV ini? CheckSequenceVerify adalah draft proposal di BIP 112. Dikembangkan oleh BtcDrak, Mark Friedenbach, dan Eric Lombrozo. Pada BIP 112 ini, melibatkan juga beberapa BIP sebelumnya, seperti BIP 68 dan BIP 113. Nantinya, dengan BIP ini, akan menjelaskan opcode baru yang disebut dengan CHECKSEQUENCEVERIFY dalam scripting Bitcoin. Sehingga, memungkinkan ada sebuah jalur eksekusi skrip berdasarkan pada usia output transaksi.

Twitter Bitcoin Core Project
Tweet Bitcoin Core Project tentang Soft Fork CSV

Timelock ini, dapat diukur dari kelipatan 512 detik, atau dalam ukuran jumlah blok. Pada rilis Bitcoin Core versi 0.12.1, BIP 112 dan BIP 68 telah di implemantasikan. Dengan menerapkan set aturan locktime transaksi secara relatif. Hanya saja dengan set aturan baru di soft fork lanjutan nanti, akan berusaha meringkas momory usage yang dibutuhkan untuk proses compile agar tidak terlalu besar. Dengan cara membuat fitur freeze. Dengan pengaktifan set aturan baru CSV di block 419328, maka harapannya CSV dapat bekerja lebih baik.

Dengan CSV, akan cukup banyak berguna pada sejumlah channel contract yang mungkin dapat diwujudkan seperti pada implementasi Lightning Network nantinya. Singkatnya, dengan soft fork nanti, akan memungkinkan transaksi berjalan pada sebuah saluran (channel) khusus diluar Blockchain. Dalam hal ini, CSV berusaha menyederhanakan dua jalur Channel, agar dapat dilakukan hanya dengan satu kontrak saja.

Tentang sisi keamanan, dengan CSV ini akan menjadi persyaratan penting pada sebuah kontrak, sebelum kontrak tersebut diupdate ataupun dikonfirmasi. Bisa dikatakan, CSV ini menjadi sebuah fitur pengganti baru untuk mengatasi banyak hal yang berkaitan dengan sisi keamanan transaksi.

Soft fork ini juga sebagai hasil lanjutan hasil diskusi para pengembang Bitcoin core. Pada hasil meeting IRC developer Bitcoin Core, dijelaskan tentang tiga topik pembahasan utama. Ketiga hal tersebut adalah tentang memory usage, segwit update, dan juga testing compactblock. Beberapa hal tersebut dilandasi untuk berusaha membuat fitur freeze bitcoin core. Terlebih ada sejumlah masalah tentang memory usage yang dirasa membutuhkan ruang yang besar. Lebih dari 1GB seperti yang ditunjukkan pada issue 6658 dan 7471.

Dalam hal ini, nampak para developer Bitcoin Core sedang berusaha memaksimalkan fungsi Lightning Network agar dapat ditunjang dan mampu diimplementasikan di dalam jaringan Bitcoin. Tentu saja, dengan mempersiapkan terlebih dahulu infrastruktur yang memungkinkan hal tersebut. Sampai sejauh mana hal itu akan berhasil? EB akan berusaha memantau perkembangan ini selanjutnya.

 

 

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Hardfork Bitcoin

Ketika Hardfork Bitcoin Terjadi

Ketika Hardfork Bitcoin Terjadi – Hal Yang Patut Diketahui Hardfork Bitcoin. Semua pengguna Bitcoin saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *