Home / News / Bitcoin / Bitcoin Bukan Uang – Hakim Miami Tidak Bisa Jatuhi Hukuman
Bitcoin bukan uang

Bitcoin Bukan Uang – Hakim Miami Tidak Bisa Jatuhi Hukuman

Bitcoin Bukan Uang – Michell Espinoza Tidak Bisa Dijatuhi Hukuman Karena Tidak Melanggar Hukum

Bitcoin Bukan Uang. Kasus yang menimpa Michell Espinosa atas dugaan pencucian uang dengan Bitcoin senilai 1.500 dolar AS di Miami, tidak bisa dijerat hukum. Dalam lanjutan persidangan yang berlangsung, Hadim Teresa Mary Pooler menyatakan Bitcoin bukan uang, sehingga persidangan pun tidak bisa menjatuhi hukuman kepada seseorang yang hanya menjual propertinya kepada orang lain.

Diberitakan di miamiherald.com, Hakim Pooler memberikan statemen bahwa Bitcoin tidak dibackup oleh pemerintah ataupun bank, dan bukanlah menjadi aset kekayaan yang nyata. Pengadilan merasa kesulitan untuk menjatuhi hukuman jika pada undang-undangnya hanya tertulis dengan samar-samar. Menurut Pooler, bahkan profesional hukum pun juga akan kesullitan menemukan makna tunggalnya.

Berkaitan dengan hal itu, Pooler juga mendorong agar undang-undang pencucian uang di Florida perlu di update. Terkait dengan transaksi yang “mempromosikan” kegiatan ilegal. Menurutnya, legislatif florida perlu untuk mendefinisikan lagi makna “mempromosikan” dengan jelas. Sehingga individu yang percaya tindakan mereka legal, tidak ditangkap.

Atas putusan hakim ini, pengacara Espinoza, Rene Palomino memuji putusan hakim. Menurutnya, putusan hakim itu dituliskan dengan indah. Ia mengatakan, “Setidaknya itu memberikan petunjuk bahwa apa yang dilakukan oleh klien saya tidak ilegal. Yang ia lakukan pada dasarnya adalah menjual properti pribadinya. Michell Espinosa tidak melanggar hukum,” katanya.

Banyak yang menganggap Bitcoin sebagai mata uang virtual yang cukup kontroversial. Satu-satunya penyebabnya adalah karena pengguna dapat secara anonim bertransaksi. Namun, justru hal itu yang membuatnya makin populer dan digunakan. Sebagian besar pengguna merasa menggunakan Bitcoin tidak terlalu rumit dan tanpa persyaratan apapun. Karena hanya membutuhkan koneksi internet saja untuk dapat bertransaksi baik, jual dan beli bitcoin. Dalam hal transfer ke sesama pengguna, Bitcoin justru mampu menembus batas wilayah kenegaraan dengan biaya yang jauh lebih murah dan cepat.

Namun karena sering dikaitkan dengan aktifitas ilegal, terutama cukup sering dianggap sebagai jalur operasi transaksi ilegal, seperti yang pernah terjadi pada Silk Road. Oleh karena itu, penegak hukum di Amerika, berjuang agar mendapat cara yang paling tepat, yang bisa menjeratnya sebagai bentuk kegiatan ilegal.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *