Home / News / Bitcoin / Bitcoin Backlog Meningkat
bitcoin backlog meningkat

Bitcoin Backlog Meningkat

Bitcoin Backlog Meningkat – Ribuan Transaksi Bitcoin Sempat Pending Lama

Bitcoin Backlog. Beberapa hari yang lalu ada lonjakan transaksi pending yang relatif cukup besar terjadi. Pada tanggal 25 Januari 2017 lalu, ukuran mempool mencapai 32,92 megabyte. Ukuran tersebut mungkin bagi orang biasa tidaklah dianggap sebagai ukuran yang besar. Namun dari jumlah ukuran tersebut, terdapat ribuan transaksi Bitcoin yang telah terjadi dalam tiap detiknya.

ukuran mempool 25 januari
Tanggal 25 Januari 2017, ukuran mempool mencapai 32,96mb.

Ukuran transaksi standar bitcoin, dengan 1 input dan 2 output biasanya berkisar sekitar 250 byte. Dengan meningkatnya volume transaksi yang terjadi pada beberapa jenis transaksi yang dapat dilakukan pada jaringan Bitcoin, semakin ada tren meningkat juga ukuran transaksinya.

Tren naiknya ukuran rata-rata transaksi ini mulai beranjak signifikan hingga 600 byte pada bulan Oktober 2015. Begitu juga pada transaksi yang menggunakan P2SH maupun transaksi non standard lainnya. Berikut ini hasil analisa di tradeblock.com pada tahun 2015 lalu:

Tipe Transaksi

  • Standar : Meningkat hingga 89%

Transaksi jenis ini adalah transaksi standar dari Address A ke B. Kebanyakan pada tipe transaksi ini menggunakan P2PKH (Pay to Public Key Hash). Lihat gambar dibawah ini untuk melihat perbedaan output script:

tx standar

  • P2SH (Pay to Script Hash) : Meningkat 7%

Transaksi ini menggunakan P2SH, sehingga transaksi dapat dikirim menggunakan script hash. Biasanya, transaksi ini ditandai dengan address yang diawali dengan angka “3”, dan banyak juga digunakan pada script multi signature.

tx p2sh

  • Multisig : Meningkat 1%

Transaksi menggunakan multi signature, lebih jelasnya lihat gambar dibawah pada script output.

tx multisig

  • OP_Return : Meningkat 1%

Baca bagaimana pesan dapat ditambahkan pada transaksi Bitcoin di sini: Menambah Pesan Pada Transaksi Bitcoin. Transaksi ini, dibuat dengan secara khusus menambahkan pesan didalamnya. Penambahan pesan ini, dapat dilakukan dengan memanfaatkan OP_Return. Lihat disini bagaimana pesan dalam transaksi ini:

tx OP Return

  • Non-Standard Lain : Meningkat 2%

Transaksi tipe ini, umumnya jika transaksi tersebut tidak pada kategori lain seperti pada yang lain. Untuk mudah memahaminya, lihat pada script output transaksi dibawah ini:

tx non standar lain

Selain memang dari adanya tren naik ukuran transaksi, ada lonjakan difficulty (tingkat kesulitan pertambangan). Tingkat kesulitan (Diff) sebelumnya, 22 Januari 2017 masih pada 339,477,557,142, dan meningkat menjadi 392,963,262,344 pada 23 Januari 2017.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Pertambangan Bitcoin

Akibat dari dua hal tersebut, tentu saja, membuat ekosistem pertambangan menjadi sedikit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan berdasarkan kondisi kekinian yang ada. Termasuk juga menyesuaikan dengan tingkat kesulitan yang ada. Selain itu, mulai meningkatnya kecenderungan membaca fee transaksi yang lebih tinggi.

Seperti yang dapat diduga, mempool transaksi juga meningkat. Pada tanggal 25 Januari lalu, total Bitcoin yang pending di dalam mempool sebesar 278.872,21 BTC. Kurang lebih nilainya berkisar seperempat miliar dolar USD. Dengan meningkatnya transaksi pending yang tertampung pada mempool, banyak pengguna saat melakukan transaksi mulai berspekulasi untuk menggunakan fee transaksi yang lebih tinggi.

ukuran mempool meningkat
Ukuran mempool meningkat semenjak 25 Januari berangsur mulai turun juga.

Namun meski demikian, pada akhirnya meningkatnya bitcoin backlog akan menurun juga. Meski transaksi bitcoin berjalan searah dan tidak dapat dibatalkan, namun delay transaksi tersebut juga akan terselesaikan juga, meski dengan waktu yang relatif lebih lama dari biasanya. Spekulasi atas seringnya peristiwa peningkatan ukuran mempool ini, kembali berujung pada perdebatan skalabilitas ukuran limit block bitcoin yang tak kunjung usai. Perdebatan pemikiran ini, dilandasi pada penting tidaknya untuk menaikkan ukuran minimum block bitcoin yang saat ini masih berukuran 1 megabyte.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Transaksi Pending

Cara Melihat Tinggi Transaksi Pending Di Mempool

Cara Melihat Tinggi Transaksi Pending Di Mempool Dengan Block Exploler Transaksi Pending. Bagi pengguna Bitcoin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *