Home / News / Bitcoin / BIP75 Bisa Jadikan Bitcoin Sistem Pembayaran Terkini
BIP75

BIP75 Bisa Jadikan Bitcoin Sistem Pembayaran Terkini

BIP75 Hadir Setelah Sebelumnya Marak Dibicarakan Lightning Network

BIP75. Pengembangan baru pada BIP75 adalah sebuah lanjutan pengembangan sebelumnya, di BIP70. Namun ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya. Selain itu, mulai berkembang persepsi atas munculnya BIP75 ini. Ada pendapat yang mengatakan jika BIP75 diterapkan bersama dengan Lightning Network, akan menjadikan sistem pembayaran Bitcoin lebih modern. Dan menjadi sebuah aplikasi pembayaran terkini.  

medan-meetup

Saat ini, usia Bitcoin telah lebih dari 7 tahun. Dalam sistemnya untuk melakukan pembayaran masih menjadi sebuah proses yang rumit. Interface di dalam perangkatnya mengharuskan pengguna untuk mengirim uang pada string yang terdiri dari huruf dan angka yang tidak bisa dibaca secara normal oleh manusia. Karena hal ini, terkadang membuat salah satu penyebab mengapa orang kesulitan untuk mengerti tentang sebuah teknologi keuangan baru ini.

Pada BIP70, yang dikembangkan oleh Bitcoin Foundation, Gavin Andresen dan juga Mike Hearn yang pernah menjadi pengembang juga saat itu, telah menjadi sebuah langkah yang tepat. Namun kemudian muncul alternatif baru pada BIP75. Pengembang pada BIP75 ini dilakukan oleh Netki (Justin Newton dan Matt David) bersama dengan Breadwallet (Aaron Voisine dan James MacWhyte).

Ide pengembangan di BIP75 sebenarnya juga dilatarbelakangi pada BIP70. Dan mereka mengembangkan tahapan selanjutnya dari situ. Lalu bagaimana sebenarnya pada BIP75 ini?

Mari kita tengok terlebih dahulu tentang Protokol Sistem Pembayaran yang baru dikembangkan ini.

Pada protokol pembayaran ini, akan mencitakan sebuah metode komunikasi antara pedagang dan juga pembeli sebelum proses pembayaran dilakukan. Melalui komunikasi ini akan memungkinkan pelanggan untuk melihat tujuan pembayaran yang lebih bisa terbaca secara normal oleh manusia. Lalu sama seperti biasa, nantinya dapat dikonfirmasi dengan tandatangan digital yang dipakai di dalam Bitcoin.

Protokol ini juga menciptakan sebuah bukti pembayaran untuk pelanggan. Bukti ini akan secara otomatis diciptakan dengan memberikan alamat pengembalian dana untuk pedagang, yang didapat dari wallet para pelanggan.

Versi baru protokol pembayaran ini, nantinya akan cukup banyak membantu proses pemeriksaan lanjutan dari para merchan. Atau memberikan lebih banyak pilihan daripada sebuah sistem pembayaran yang tradisional.

Salah satu penyebab masalah utama pada BIP70 tidak bisa bekerja dangan baik karena tidak bisa diterapkan pada jaringan peer-to-peer. Proses transaksi yang dilakukan antara pedangang dan pembeli tidak bisa dilakukan pembayaran saat mereka dalam keadaan ofline. Sementara pada merchant masih bisa meneruskan permintaan pembayaran tersebut kepada wallet bersangkutan saat mereka kembali terhubung ke jaringan. Sedangkan ada kekhawatiran juga terhadap keamanannya

Di pengembangan BIP75 akan bisa memecahkan masalah tersebut. Caranya, dengan enkripsi semua komunikasi pembayaran dalam sebuah protokol pembayaran secara end-to-end. Justin Newton salah satu pengembang di BIP75 dan pendiri Netki memberikan komentar di Bitcoin Megazine. Ia menganggap, bahwa enkripsi ini nantinya akan melindungi pengguna. Karena didalamnya menggunakan sebuah transport layer security. Fungsinya sama seperti pada SSL, untuk keamanan komunikasi.

Selain itu, BIP75 akan bisa membuat faktur secara kriptografi. Dengan melakukan penandatanganan secara digital untuk penerima. Dengan fungsi ini penerima selanjutnya akan memvalidasi identitas pengirim. Dilakukan sebelum mereka merisil alamat dan permintaan pembayaran kembali. Dilanjutkan kemudian, penerima akan mengirimkan kembali permintaan pembayaran itu secara terenkripsi kepada pengirim.

Perbedaan mendasar antara BIP70 dan BIP75 adalah pada digital signature. Dalam BIP70, digital signature ini hanya terdapat pada bagian pesan di permintaan pembayaran saja. Dan digital signature tersebut hanya berasal dari penerima.

Sedangkan pada BIP75, digital signature berasal dari kedua belah pihak. Melalui sertifikat digital signature. Sehingga masing-masingnya akan saling membuktikan kepemilikan kunci pesannya. Hal itu digunakan untuk mengkalkulasikan enkripsi key dari protokol pembayaran nantinya.

Satu perbedaan mendasar lainnya adalah akan bisa dibaca secara normal. Sehingga nantinya log transaksi masa lampau juga akan berubah berdasarkan nama-nama yang sudah tersimpan di log transaksi.

Atas munculnya BIP70, ada pendapat yang mengatakan nantinya wallet Bitcoin akan nampak seperti sebuah sistem pembayaran modern terkini. Orang pun banyak mengkaitkan pada pengembangan sebelumnya tentang Lightning Network. Jika keduanya digabungkan, akan membuat sistem pembayaran lainnya menjadi gigit jari.

Lightning Network, seperti yang banyak telah diperbincangkan, akan memungkinkan Bitcoin bisa memproses transaksi hingga ribuan bahkan jutaan transaksi per hari. Dan transaksi tersebut, di proses di luar blockchain. Sehingga tidak akan mempengaruhi dan membebani Blockchain. Kita tunggu seperti apa hasil pengembangan BIP75 ini nantinya.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *