Home / News / Bitcoin / Biaya Transaksi Bitcoin Terbesar Dalam Sejarah Bitcoin
Biaya Transaksi Bitcoin Terbesar

Biaya Transaksi Bitcoin Terbesar Dalam Sejarah Bitcoin

Biaya Transaksi Bitcoin Terbesar Dalam Sejarah Bitcoin – Capai 1,7 Miliar

Biaya Transaksi Bitcoin Terbesar. Tepatnya 12 Desember 2011 lalu, ada sebuah transaksi Bitcoin yang mempunyai biaya transaksi terbesar dan tercatat dalam sejarah Bitcoin. Berapa total biaya transaksinya pada transaksi tersebut? Total biaya transaksinya adalah sebesar 171.79869184 BTC pada satu transaksi saja. Jika kita rupiahkan total biaya tersebut dalam rupiah di hari ini, berkisar kurang lebih sebesar Rp 1.762.209.097. (1,7 Miliar).

Biaya transaksi Bitcoin secara umum saat ini, hanya membutuhkan biaya puluhan ribu Satoshi saja, atau kurang lebih seribu rupiah saja. Namun dengan besaran biaya transaksi tersebut, tentu membuat kita sedikit terperangah, bahwa ada biaya transaksi yang ternyata nilainya luar biasa besar.

Namun ternyata tidak hanya transaksi pada tanggal itu saja, ada sejumlah banyak transaksi yang nilainya bahkan justru lebih besar. Jika kita melihat total biaya transaksi di blockchain.info, kurang lebih ada momen transaksi yang nilainya lebih dari 300 BTC sepanjang sejarah Bitcoin. Yakni pada tanggal 12 Desember 2011, total biaya transaksi pada tanggal itu mencapai 305 BTC.

Biaya transaksi Terbesar-2
Source: blockchain.info

Kemudian pada tanggal 18 September 2013, jumlah total biaya transaksinya mencapai 303 BTC (3,1 Miliar). Dan kemudian tertinggi hingga saat ini adalah pada tanggal 26 April 2016 yang mencapai 338 BTC, atau sekitar Rp 3,4 Miliar.

Jumlah biaya transaksi tertinggi tersebut, adalah karena ada satu transaksi pada tanggal itu, yang mempunyai biaya transaksi sebesar 291,2409 BTC (kurang lebih 2, 98 Miliar untuk harga pada saat ini). Namun besaran transaksi yang diketahui berasal dari BitClub tersebut menuai banyak kontroversi. Banyak orang di komunitas Bitcoin menilai kemungkinan banyak spekulasi yang terjadi pada saat itu. Padahal, reward penambang saja hanya berjumlah 25 BTC saja.

 

 

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

2 comments

  1. Apakah ada review yang lebih jelas tentang Edinar coin seperti halnya bitcoin? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *