Home / News / Bitcoin / Benang Merah Antara Craig Wright Dan Dave Kleiman
Benang Merah Antara Craig Wright Dan Dave Kleiman

Benang Merah Antara Craig Wright Dan Dave Kleiman

Mulai Terlihat Benang Merah Antara Craig Wright Dan Dave Kleiman – Menjadi Kunci Siapa Dibalik Satoshi Nakamoto Sebenarnya

Benang Merah. Pada pernyataan sensasional Craig Wright yang di publikasikan secara ekslusif di BBC dan dua media lain beberapa waktu lalu, mengaku bahwa dialah penggagas utama proyek Bitcoin. Ia pun menyebutkan bahwa ia dibantu oleh orang lain dalam proyek Bitcoin tersebut.

Orang yang dimaksud oleh Craig Steven Wright tersebut, diduga adalah Dave Kleiman. Seorang pakar forensik komputer dari Florida. Pria ini meninggal dengan tragis pada 26 April 2013. Sebelum kematiannya, Kleiman dikabarkan telah terinfeksi bakteri mematikan. Disebut dengan MRSA (Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus). Infeksi bakteri mematikan ini, menjadi sebuah komplikasi infeksi yang sulit untuk ditanggulagi jika telah berhasil menyerang tubuh manusia.

Tentang Dave Kleiman

Dave Kleiman lahir di tahun 1967 di Florida-Amerika. Putra seorang veteran di perang dunia kedua, David Louis Kleiman dan Regina, ibunya. Ia memiliki seorang saudara kandung bernama Ira Steven Kleiman.

Dave dibesarkan di Palm Beach Garden – Florida. Saat mulai beranjak dewasa, ia lalu mengikuti jejak ayahnya, bergabung menjadi seorang tentara angkatan darat Amerika. Saat itu, Ia menjadi seorang teknisi helikopter di tahun 1986-1989. Ia pun mendapat gelar tentara di tahun 1987 dari Sekretaris Angkatan Darat saat ia pernah ditugaskan di Jerman.

Setelah pensiun dari tentara di tahun 1990, Dave Kleiman lalu menjadi sebuah wakil sherif di Palm Beach County. Meski Ia adalah seorang veteran tentara Amerika, skillnya cukup mahir di bidang komputer dan teknologi. Dave merasa cukup senang atas profesinya sebagai wakil sherif. Karena membuatnya bisa mengabdi di bidang penegakan hukum. Dengan skill yang dimiliki, ia semestinya bisa mendapat upah yang lebih besar.

Pada sebuah obituari yang ditulis oleh Bill DiPaolo di mypalmbeachpost setelah Dave Kleiman meninggal, disebutkan saat Dave Kleiman berusia 28 tahun pernah mengalami kecelakaan tragis. Ia tertabrak sebuah mobil yang dikendarai oleh seorang wanita asal Lake Worth saat melintas di sepanjang jalan Conress Avenue dan Hypoluxo. Informasi itu didapat dari keterangan seorang polisi yang menangani kecelakaan tersebut.

Karena insiden tersebut, ia lalu dirawat di sebuah rumah sakit veteran Blue Heron. Dave Kleiman harus berada di kursi roda. Ia mengalami luka yang cukup parah, tengkoraknya terluka akibat terkena benturan, sedangkan tulang belakang dan dua lengan patah.

Dave tetap meminta untuk dipindah di RS Miami, meski ayahnya telah menyarankan untuk tetap dirawat di rumah sakit tersebut. Setelah kecelakaan itu, ia lalu bekerja dengan Patrick Paige. Seorang petugas pelatihan di kantor Palm Beach County. Patrick Paige ini, yang selanjutnya mendirikan sebuah perusahaan forensik komputer, bernama LLC di tahun 2012.

Di perusahaan itu, reputasi Kleiman sebagai seorang spesialis forensik komputer makin terkenal. Ia pun banyak menjadi seorang editor sebuah buku dan makalah yang berkaitan dengan forensik komputer dan sistem pengamanan.

Dari hasil laporan investigasi di Gizmodo, di awal tahun 2000, ia mulai berkontribusi untuk pengamanan komputer di sejumlah mailinglist seperti di securityfocus.com dan metzdowd.com. Dan di mailinglist metzdowd.com inilah, tempat satoshi Nakamoto mempublikasikan peper Bitcoin pertama kali.

Pada akhir tahun 2010, kondisi Kleiman mulai memburuk. Ia pernah ditemukan terjatuh di kamar mandinya, dan tidak bisa terbangun. Seorang teman yang menemukan ia dengan kondisi seperti itu lalu membawanya ke RS terdekat. Selama menjalani perawatan di RS tersebut, ia masih terus menjalankan pekerjaannya dengan Patrick Paige. Ia hanya sesekali meninggalkan RS tersebut untuk bisa menlanjutkan pekerjaannya.

Di tahun 2013, kondisi Kleiman makin memburuk. Ketika pulang dari perawatannya, Kleiman mulai menutup diri. Ia bersembunyi di balik rumahnya dan menolak komunikasi dari orang lain, bahkan teman terdekatnya. Beberapa teman Kleiman menyebutkan bahwa kondisi Kleiman cukup tidak sehat. Kleiman seringkali menggigil. Tapi masih terus melanjutkan pekerjaannya. Ia bahkan melarang Patrick Paige untuk menjenguknya. Kleiman juga mengatakan kepada Patrick, jika ia terus menelpon untuk memeriksa kondisinya, akan memanggil polisi.

Sebulan kemudian, akhir tahun 2013, saat seorang kawan Kleiman berkunjung ke rumahnya dengan niat untuk menjenguk, ia telah menemukan Dave Kleiman telah meninggal di dalam rumahnya. Tubuhnya telah membusuk. Ditemukan sebuah trek roda membekas noda darah, kotoran, sebuah botol minuman beralkohol dengan tutup yang terbuka, dan sepucuk pistol disampingnya.

Dari pistol tersebut, ditemukan juga sebuah lubang peluru yang membekas di kasurnya, seakan menandakan ia telah bunuh diri, ada persepsi telah terjadi sebuah permainan kotor yang menyebabkan kematiannya. Hal itu karena tidak ada bekas peluru yang telah ditembakkan itu. Ada dugaan, bahwa bekas peluru yang hilang itu telah dibersihkan terlebih dahulu.

Namun berdasarkan laporan medis dari Palm Beach County, di kabarkan bahwa penyebab kematian Dave Kleiman adalah karena penyakit MRSA yang telah di deritanya. Menurut laporan medis tersebut, MRSA itu telah menghentikan jantung Dave Kleiman.

Benang Merah Antara Craig Wright Dan Dave Kleiman

Di media Gizmodo ini, telah sering melakukan investigasi dalam mengungkap siapa dibalik nama Satoshi Nakamoto. Termasuk juga saat Craig Wright mulai diduga kuat sebagai penemu Bitcoin di bulan Desember 2015 lalu.

Gizmodo mengaku mendapat sejumlah kiriman email dari seorang hacker anonymous. Hacker tersebut mengaku kalau dia tidak hanya mengetahui tentang identitas Satoshi Nakamoto, ia bahkan bekerja untuknya. Pada email yang diterima November 2015, Gizmodo mengatakan, bahwa pengirim anonymous itu, telah meretas akun bisnis yang digunakan Satoshi Nakamoto. Lalu kemudian dikirim sejumlah email lain yang ternyata diambil langsung dari akun email milik Craig Wright.

Dari hasil investigasi Gizmodo berdasarkan petunjuk dari kiriman-kiriman email tersebut, ada benang merah kuat antara Craig Wright dan Kleiman. Sedangkan Craig Wright di akun Linkedln sebelum dihapus, ia menyebutkan bahwa ia adalah seorang CEO di perusahaan DeMorgan Ltd. Perusahaan itu fokus bergerak pada bidang mata uang alternatif, dengan memberikan layanan keamanan, wallet dan juga sebuah bursa Bitcoin.

Menurut pelaporan Gizmodo, jika Dave Kleiman adalah seseorang yang telah membantu Satoshi Nakamoto, maka itu terjadi sebelum Dave menjalani perawatan di RS, atau sebelum ia bekerja di LLC yang didirikan oleh Patrick Paige. Karena Satoshi Nakamo saat mempublikasikan papernya di Metzdowd pada tahun 2008. Sedangkan, software Bitcoin di rilis kemudian di tahun 2009.

Dari sebuah email yang dikirimkan ke Gizmodo, Wright meminta bantuan Kleiman, untuk mengedit papernya. Tepatnya, satu bulan sebelum paper tersebut dipublikasikan. Disebutkan permintaan Wright di email:

“Saya membutuhkan bantuan anda untuk mengedit sebuah makalah yang akan saya rilis akhir tahun ini. Saya telah membuat sebuah bentuk mata uang elektronik baru. Bit tunai, Bitcoin …. sebutannya. Saya ingin anda membantu saya Dave. Saya ingin anda menjadi bagian dari itu semua.”

Perjanjian Antara Dave Kleiman Dan Craig Wright

Dari pelaporan Gizmodo yang termuat kemarin, meneruskan penelurusan tentang keterkaitan Dave Kleiman sebagai sosok kunci yang telah membantu Satoshi Nakamoto. Disebutkan, bahwa Kleiman terlibat sebuah perjanjian resmi dengan Craig Wright. Informasi itu juga didapat Gizmodo dari kiriman email hacker anonymous yang kerap mengirim informasi kepada Gizmodo.

Pada perjanjian resmi itu, Craig Wright mempercayakan 1.100.111 Bitcoin kepada Kleiman. Jumlah itu adalah sebuah jumlah kisaran kasar yang didasarkan pada ukuran satuan Bitcoin. Yang kemudian, akan dibayarkan kembali kepada Craig Wright di tahun 2020. Dan juga bisa di klaim, terkait kematian Dave Kleiman.

Pertanyaan yang muncul kemudian, mengapa Craig Mempercayakan Kepada Dave Kleiman?

Dari runtutan kiriman informasi hacker anonymous kepada Gizmodo, disebutkan bahwa Craig tidak bisa mempublikasikan makalah itu jika ia memakai namanya. Mungkin inilah yang kemudian dijadikan alasan membutuhkan sebuah pseudonym. Terkait dengan Dave, ia adalah seorang yang telah dikenal juga dengan skill yang dimiliki dalam pengamanan sistem dan juga forensik komputer.

Dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh Dave Kleiman ini, akan bisa cukup membantu Satoshi Nakamoto, yang diakui oleh Craig Wright adalah penggagas tentang Bitcoin ini. Sedangkan, terkait perjanjian tersebut, bisa jadi karena Craig Wright diisukan sedang mengalami masalah dengan Dinas Pajak. Dan ia mempercayakan sejumlah Bitcoin tersebut kepada Dave, untuk bisa diamankan dan dijaga, hingga kemudian bisa diambil kembali.

Patrick Paige sendiri, pernah memberikan komentar ke pihak Gizmodo. Bahwa Dave seringkali membawa sebuah USB drive titanium. Sehingga jika memang diketahui bahwa Dave sedang membawa sejumlah Bitcoin, bisa jadi itu ada di dalamnya. Menurut Paige, setelah Kleiman meninggal, drive tersebut diserahkan kepada Ira, saudaranya. Paige mengatakan bahwa Ira adalah orang yang tertutup. Paige pun pernah menghubungi Ira, namun sia-sia.

Pada saat kematian Dave, Paige mengatakan bahwa Craig Wright pernah mengirim sebuah email dan juga rekan bisnis Kleiman yang lain. Di dalam email tersebut Craig mengatakan bahwa Dave mungkin memiliki sejumlah besar Bitcoin. Yang ukurannya mungkin terlalu besar jika di simpan di dalam sebuah email. Craig dalam emailnya itu juga meminta Paige untuk memastikan bahwa file wallet.dat yang menyimpan Bitcoin itu aman. Lalu Craig pun seolah membocorkan informasi dalam emailnya, bahwa Dave terlibat dalam pembangunan Bitcoin. Craig meminta Paige untuk mengamankan itu, yang mungkin saja tidak tersimpan pada sebuah hard drive. Namun hal ini masih belum diketahui, dan juga belum ditemukan.

Terkait Dengan Pembuktian Craig Wright

Ketika Craig Wrigt memberikan pernyataan bahwa ia adalah penemu Bitcoin yang selama ini menggunakan nama Satoshi Nakamoto, muncul banyak reaksi dari komunitas Bitcoin yang menyangsikan kebenaran pernyataan tersebut.

Banyak para antusias Bitcoin di berbagai ruang diskusi komunitas Bitcoin menyangsikan upaya pembuktian yang dilakukan oleh Craig Wright. Pembuktian yang dilakukan oleh Craig saat itu, tidak cukup bisa membuktikan bahwa ia adalah Satoshi Nakamoto selama ini.

Terkait hal itu, Craig Wright lalu memposting di situsnya, dengan judul “Extraordinary Claims Require Extraordinary Proof”. Kurang lebih artinya adalah, “Sebuah klaim yang luar biasa, membutuhkan pembuktian yang luar biasa pula”.

Tulisan itu di posting tanggal 3 Mei 2016 itu. Craig mengawali tulisannya dengan mengemukakan komentar dari Andreas Antonopoulos di Reddit. Ia menganggap komentar Andreas Antonopoulos cukup fantastis. Komentar Andreas Antonopoulos di Reddit mengatakan:

“Menurut saya identitas Satoshi Nakamoto tidaklah penting”

Craig pun membenarkan komentar tersebut di dalam tulisannya. Persoalan itu tidak penting, dan seharusnya tidak menjadi sebuah masalah bagi komunitas Bitcoin. Dilanjutkan dengan mengutip lanjutan komentar Antonopoulos yang mengatakan, “Jika Satoshi ingin untuk membuktikan jadi dirinya, itu bisa dilakukan secara publik, dan terbuka”.

Menanggapi komentar itu, Craig mengatakan, ia bisa membuktikan itu, ia bisa membuktikan bahwa ia memiliki akses key Satoshi Nakamoto dan bisa memindah sejumlah Bitcoin. Ini memang cukup bisa dilakukan, tapi tidak akan cukup untuk klaim luar biasa ini.

Lebih jauh, Craig pun menjelaskan alasannya mengapa ia sebelumnya berusaha untuk menemui Gavin terlebih dahulu. Hal itu karena sebelumnya ia pernah berkomunikasi dengan Gavin tentang Bitcoin di tahun 2010. Dan ia mengatakan, bahwa Gavin pasti akan mengingat pesan yang dikirimkan oleh Satoshi Nakamoto saat itu.

Craig ingin berbicara dengan Gavin terlebih dahulu, kaitannya dengan interaksi awalnya dengan Gavin dan Satoshi Nakamoto saat itu. Craig ingin Gavin mengetahui hal itu. Craig di dalam tulisannya, merasa telah berhutang kepada Gavin atas itu. Dan ingin membangun kembali relasi itu. Tentang penandatanganan pesan, atau memindah sejumlah pesan saja tidak akan cukup memuaskan bagi Gavin. Dan mungkin tidak cukup juga bagi beberapa orang lainnya.

Lalu Craig pun mengatakan, dalam beberapa hari mendatang, ia akan memposting serangkaian potongan-potongan yang bisa menjadi dasar atas claim pengakuan luar biasa ini. Dan itu akan mencakup juga beberapa dokumen yang terferifikasi secara idependen. Termasuk juga, pembuktian beberapa tuduhan kian muncul terkait dengan transfer Bitcoin dari blok awal Bitcoin, sebelum reward blok berubah dari 100 menjadi 50 BTC.

Craig pun berkata, “Anda memang harus bersikap skeptis. Anda juga harus bertanya. Dan saya akan menjawabnya”. Tulisnya. Ia menganggap hal tersebut adalah sebuah sifat alamiah. Sehingga untuk melawan arus yang bersifat alamiah akan sia-sia belaka. Lalu di akhir tulisannya, ia akan menyajikan pembuktian yang luar biasa tersebut. Namun selebihnya, ia tidak bisa berbuat apa-apa lagi.

Berangkat dari tulisan Craig Wright ini, selanjutanya memunculkan pertanyaan lagi, mengapa pembuktian itu tidak dilakukan saat ini saja? Mengapa harus ada tenggang waktu untuk pembuktian yang dianggap luar biasa itu? Bisa jadi, hal itu akan terkait dengan data yang masih tersimpan di Dave Kleiman tadi. Mulai nampak benang merah antara Craig Wright dan Dave Kleiman. Tentang apakah memang benar Craig nantinya akan bisa membuktikan bahwa ia adalah benar-benar Satoshi Nakamoto, hanya waktu yang akan menjawab. Sampai Craig Wright mulai menjawab kesanggupannya untuk memberikan pembuktian yang luar biasa seperti yang telah ditulisnya tersebut.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *