Home / News / Bitcoin / Banyak Yang Menolak Pernyataan Craig Wright
Banyak yang menolak pernyataan Craig

Banyak Yang Menolak Pernyataan Craig Wright

Banyak Yang Menolak Pernyataan Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto

Banyak Yang Menolak. Pernyataan Craig Wright yang dipublikasikan di BBC dan beberapa media lain kemarin memang sempat membuat banyak perbincangan di komunitas Bitcoin. Sejumlah media luar negeri bahkan tanah air pun mulai memuat pemberitaan yang sama.

Namun, di komunitas bitcoin, bermunculan banyak yang menolak pernyataan Craig Wright tersebut. Banyak dari komunitas Bitcoin yang menyangsikan keterangan itu. Terlebih saat Wright pertama kali dilaporkan Wired dan Gizmodo pada Desember 2015 lalu. Berkembang di ruang diskusi komunitas bitcoin di news.ycombinator, bahwa pada pemberitaan itu, memang sengaja dilakukan untuk meninggalkan jejak. Termasuk pengakuannya yang pernah ia buat bahwa Wright mengaku mempunyai komputer super, dan memiliki surat referensi dari SGI. Namun, SGI mengklaim tidak mengetahui atas itu. Hal itu menunjukkan bahwa Wright telah berbohong.

Terkait dengan pernyataan Wright bahwa ia tidak ingin ketenaran, dan tidak menginginkan uang di BBC, di komunitas tadi disangsikan juga. Karena dibalik hal itu, Wright justru telah membuat sebuah kesepakatan eksklusif dengan media besar selama sebulan, kepada BBC, The Economist, dan juga GQ, dan beberapa channel TV.

Sementara itu, Nikcub, salah seorang di komunitas bitcoin ycombinator tersebut juga memberikan keterangan bahwa, paper yang ditulis Satoshi Nakamoto adalah penuh kesederhanaan. Cara satoshi menjawab banyak pertanyaan juga terlihat dia adalah sosok yang  penuh kejelasan, dan juga kompleks. Meskipun Wright berhasil membuat pernyataannya ini di publikasikan di media, Nikcub beranggapan bahwa Wright tidak akan bisa berhasil menciptakan peran yang bisa menggambarkan sosok Satoshi Nakamoto di dalam papernya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Wright sedang dikejar oleh otoritas pajak Australia. Namun bukan karena pajak yang harus dibayar atas koin Satoshi. Wright dikejar pihak pajak Australika karena ia telah menjadi salah satu penuntut konsesi pajak terbesar di Australia. Lalu membuat sebuah perusahaan palsu dengan mengatakan jumlah karyawannya sebanyak 50 orang, ungkap Nickup.

Bahkan Nickup juga mengaku bahwa dia mempunyai dua orang kawan yang bekerja ditempat Wright. Keduanya memberikan gambaran Wright adalah seorang penipu. Ia memang terkesan cukup bisa meyakinkan seseorang dalam waktu yang singkat.

Sedangkan di forum Bitcoin Reddit, disangsikan keterangan yang telah diamini oleh Gavin. Disebutkan bahwa hash dan signature yang ditunjukkan wright saat itu adalah hash yang diambilnya pada transaksi yang pernah terjadi di tahun 2009. Banyak anggota di komunitas tersebut juga menyangsikan pernyataan Craig tersebut.

Sementara di komunitas bitcoin di google+, AvatarX pendiri di komunitas itu mengatakan bahwa ini adalah sebuah konspirasi pembodohan yang dilakukan oleh Gavin dan John Matonis. Craig Wright dianggap tidak bisa memberikan bukti Blockchain yang cukup, atau data yang bisa diverifikasi secara publik. Data yang disampaikan oleh Wright adalah data yang palsu, dan tidak bisa dibuktikan. Ia Pun cukup kesal pada hari senin itu, hari-harinya justru jadi disibukkan dengan omong kosong dan bualan Craig Wright.

Penyataan yang dikeluarkan oleh Wright ini dianggap akan menambah panjang dan dimulai lagi perdebatan tentang identitas Satoshi Nakamoto. Padahal, sempat beberapa waktu sebelumnya hal ini sudah cukup tenang. Dan bukan masalah lagi siapa orang dibalik nama Satoshi Nakamoto. Disamping itu, bisa jadi, akan menambah panjang juga perdebatan terkait dengan kontroversi tentang limit blok Bitcoin.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal

Coinbase Menggandeng Paypal – Mempermudah Transaksi Para Pelanggan Coinbase. Marketplace dan platform wallet Bitcoin, Coinbase, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *