Home / News / Bitcoin / Bank Sentral Rusia Pertimbangkan Blockchain
Bank Sentral Rusia Pertimbangkan Blockchain

Bank Sentral Rusia Pertimbangkan Blockchain

Bank Sentral Rusia Pertimbangkan Blockchain Untuk Bisa Digunakan Secara Nyata Pada Industri Perbankan

Bank Sentral Rusia Pertimbangkan Blockchain. Diberitakan di Izvestia 8 April 2016 lalu, Bank Sentral Rusia telah membentuk sebuah tim yang secara khusus mempelajari potensi teknologi Blockchain. Seperti yang telah diketahui Blockchain juga telah mendasari dalam sistem Bitcoin. Hasil kerja dari tim ini akan dipublilkasikan pada bulan Juni 2016 mendatang.

medan-meetup

Berkaitan dengan tim tersebut dan hasilnya nanti, memungkinkan penerapan teknolgi Blockchain bagi institusi perbankan di Rusia. Anggapannya, penerapan Blockchain tidak akan bertentangan dengan hukum di Rusia. Karena tidak sama seperti pada cryptocurrency. Tentang cryptocurrency ini, Departemen Keuangan Rusia cukup getol berusaha untuk bisa melarang secara resmi, dengan menyusun amandemen melalui UU Bank Sentral Rusia beberapa waktu lalu.

Meski banyak pernyataan pejabat dan regulator di Rusia yang kontradiksi terhadap cryptocurrency seperti halnya Bitcoin, namun dalam hal teknologi Blockchain bisa memberikan sikap yang berbeda. Meskipun teknologi ini juga digunakan dalam cryptocurrency seperti halnya Bitcoin.

Pembentukan tim ini secara khusus untuk bisa mengevaluasi dan memberikan penilaian tentang potensi Blockchain untuk bisa diaplikasikan secara nyata pada industri keuangan. Jika penerapan teknologi ini tidak bisa dicapai di akhir tahun 2016 ini, dikabarkan bahwa perbankan akan mulai kehilangan minatnya pada inovasi teknologi ini, seperti yang ditulis di media Izvestia.

Selain itu, dikabarkan juga di media tersebut, bahwa pihak regulator sedang mempertimbangkan untuk kemungkinan pihak perbankan dalam menyimpan data dan semua transaksinya menggunakan Blockchain. Informasi akan hal ini diperoleh media Izvestia dari sebuah sumber yang dekat dengan pihak Bank Sentral Rusia.

Teknologi Blockchain tidak terpusat, disimpan pada banyak komputer yang berbeda yang terhubung dalam jaringan. Dan juga diverifikasi oleh anggota dalam jaringan tersebut, bukan pada otoritas pusat yang berfungsi sebagai pengendali. Menggunakan Blokchain akan membuat sistem se-transparan mungkin. Dan oleh sebab itulah mengapa Bank Sentral Rusia pertimbangkan Blockchain untuk bisa memberikan hak pada perbankan di Rusia, dalam hal penggunaan teknologi Blockchain. Sehingga bisa menyimpan informasi tentang semua transaksi mereka.

Terkait dengan informasi Bank Sentral Pertimbangkan Blockchain seperti yang dituliskan di izvestia, dikabarkan bahwa pejabat Bank Sentral Rusia masih belum memberikan bantahan atas peryataan dari sumber yang diperolehnya. Pihak Bank Sentral akan memberikan informasinya tentang hal ini selang beberapa waktu mendatang.

Sementara pada bulan Desember 2015 lalu, Lembaga Pengembangan Internet Rusia juga pernah menyerukan legalisasi teknologi Blockchain, dan diserahkan kepada Presiden Putin. Perencanaan dari Lembaga Pengembangan Internet Rusia tersebut, menyebutkan rencananya akan dicanangkan pada Januari 2017 mendatang.

Sedangkan salah satu bank terbesar di Rusia, Sberbank, di akhir tahun 2015 juga mengungkapkan ketertarikan untuk bisa bergabung dengan konsorsium global perbankan swasta yang dipelopori oleh R3. Sberbank waktu itu memberikan pernyataannya melalui Wakil Ketua Pertamanya. Ia berpendapat bahwa penyebaran dan integrasi teknologi Blockchain bisa membuat wajah perbankan menjadi usang di tahun 2026.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *