Home / Menambang Bitcoin / Asic Mining / ASIC Miner Harga Tinggi Namun Efisien
ASIC Miner harga tinggi, lebih efisien

ASIC Miner Harga Tinggi Namun Efisien

Efisiensi ASIC Miner

ASIC Miner. ASIC adalah kepanjangan dari Application Specific Integrated Circuit. ASIC merupakan sebuah perangkat khusus dengan menggunakan IC khusus untuk keperluan tertentu, dalam hal ini adalah untuk menambang Bitcoin.

Bisa dikatakan, bahwa ASIC ini adalah hasil pengembangan terpadu setelah CPU, GPU, dan FPGA yang bisa dipakai untuk menambang Bitcoin. Kelebihannya, menggunakan ASIC untuk menambang Bitcoin akan lebih efisien dan cepat jika dibandingkan dengan CPU, GPU, dan FPGA.

Pada umumnya, ASIC hanya bisa dipergunakan untuk menambang Bitcoin saja. Namun, ada beberapa yang berbeda, jika terdapat sebuah chip yang bisa untuk menambang Bitcoin dan juga Litecoin. Hal itu dikarenakan, kebanyakan dalam satu paket chip tersebut memiliki dua ASIC, satu untuk Bitcoin, dan satu chip ASIC lagi untuk Litecoin.

Banyak juga perusahaan hardware menambang Bitcoin yang menggunakan chip ASIC yang diproduksi oleh pihak lain. Selanjutnya, Chipt tersebut digabungkan dengan komponen elektronik lainnya pada mainbord, sehingga membentuk hardware pertambangan Bitcoin.

Spesifikasi ASIC, dapat dilihat pada tingkatan Hash tertentu yang dimilikinya, misalnya, GH/s (Gigahash per second) atau TR/s (Terahash per second). Sejauh ini, cukup banyak perusahaan yang memprodukksi perangkat menambang ASIC. Semakin tinggi tingkatan hash dalam perangkat tersebut, akan membutuhkan lebih banyak pendingin tambahan.

Kinerja ASIC, akan membuat suhu dalam ruang perangkatnya cepat panas. Jika tanpa diimbangi dengan pendingin tambahan, tentu akan membuat komponen dan IC akan rusak. Namun, hal ini sudah diperhitungkan sebelumnya oleh produsen ASIC miner. Pada perangkat ASIC, umumnya sudah ditambahkan pendingin untuk meminimalisir meningkatnya temperatur saat ASIC miner dijalankan.

Karena tingkat efisiensi dan juga kecepatan pada perangkat ASIC ini, membuat harganya juga cukup tinggi dan mahal, sesuai dengan merek, dan spesifikasi tingginya hashrate. Harga perangkat ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, kondisi kekuatan pasar juga yang menentukan tingginya harga ASIC miner.

Memutuskan menggunakan perangkat ASIC atau tidak, tentu haruslah diperhitungkan secara matang. Disamping karena mahalnya harga perangkat tersebut, juga tentang perawatan, mengkalkulasi biaya daya listrik dari perangkat tersebut, biaya internet, juga naik turun harga Bitcoin, dan juga tingkat kesulitan menambang yang makin tinggi. Hal-hal ini yang sepatutnya diperhitungkan secara matang.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Cara Menambang Bitcoin Dengan ASIC Miner

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner

Cara Menambang Bitcoin dengan ASIC Miner. Bisa dikatakan, menambang Bitcoin dengan ASIC manjadi satu cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *