Home / Tentang BItcoin / Gambaran Umum / Anonimitas Bitcoin
anonimitas Bitcoin

Anonimitas Bitcoin

Tentang Anonimitas Dalam Bitcoin

Anonimitas Bitcoin. Sering kita mendengar kabar, bahwa Bitcoin bersifat Anonym. Apakah benar bahwa Bitcoin Anonym? Jika melihat dari sisi konsep dasar Bitcoin, memang mata uang digital ini tidak membutuhkan perantara pihak ketiga dalam proses transaksinya. Selain itu, untuk memulai berinteraksi dengan Bitcoin tidak membutuhkan persyaratan yang rumit dan bertele-tele, dan juga tidak membutuhkan kartu identitas apapun.

Jika hal diatas tersebut dinilai sebagai sebuah anonimitas maka tentu jawabannya adalah ya. Mari kita tengok lagi dari sisi BlockChain. BlockChain adalah mata rantai database besar seluruh transaksi dalam Bitcoin.

Sebaliknya, teknologi BlockChain inilah yang sebetulnya menjelaskan bahwa tidak sepenuhnya benar bahwa Bitcoin adalah bersifat anonim. BlockChain, mencatat seluruh transaksi semua pengguna Bitcoin di dunia. Dan juga, Rantai Block bitcoin ini bersifat public ledger, dan data transaksinya terrsebar luas secara publik.

Yang menjadikan anonim adalah dari sisi address bitcoin yang hanya terdiri dari deret angka yang mungkin akan sulit ditelusuri pemiliknya. Karena di deret angka tersebut tidak ada data diri pemilik. Sementara, sejarah transaksinya akan tetap tercatat secara rapi, dan bisa diketahui besaran nilainya.

Selama ini, anggapan bahwa Bitcoin sebagai tempat aman bagi pelaku pencucian uang, terorisme dan lain sebagainya, adalah satu sisi bahwa hal tersebut bisa saja terjadi di manapun, di institusi manapun. Jikalau memang para pelaku tindak kriminal tersebut memanfaatkan teknologi Bitcoin dalam aktifitasnya, maka justru disitulah letak kesalahannya. Karena semua aktifitasnya akan terekam seluruhnya, dan semua akan bisa terlacak sejarah transaksinya.

Beberapa kasus yang pernah melibatkan Bitcoin seperti di Silk Road, pada akhirnya membuka mata para penyidik untuk bisa memanfaatkan BlockChain dalam melacak seluruh sejarah transaksi. Bahkan, yang terjadi di pemerintah AS sedang berusaha melatih para investigator dan lembaga kepolisian AS untuk menggunakan blockchain dalam melacak para pelaku aksi kriminal tersebut.

About Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Check Also

Profit pool mining bitcoin

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin?

Berapa Besar Profit Pool Mining Bitcoin? Profit Pool Mining Bitcoin. Sebagian besar pengguna bitcoin pasti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *